Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Merdeka Belajar Kampus Merdeka
blog-img-10

Pendaftaran Resmi Dibuka, UNIDA Adakan Sosialisasi Ajak Mahasiswa Ikut Serta Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 3 Tahun 2023

Universitas Djuanda (UNIDA) melalui Biro Pendidikan dan Pembelajaran (Dikjar) selenggarakan kegiatan Sosialisasi Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Angkatan 3 Tahun 2023, secara daring melalui platform Zoom Cloud Meeting pada Senin (10/04/2023). Hal ini Membuka kesempatan kembali pendaftaran bagi para mahasiswa untuk dapat mengikuti program pertukaran mahasiswa antar klaster pulau selama satu semester yang mendapat pengakuan hingga 20 SKS.

Seperti diketahui bahwasanya program PMM memiliki slogan “Bertukar Sementara, Bermakna Selamanya” ini bertujuan meningkatkan kemampuan Perguruan Tinggi dalam mengelola program pertukaran mahasiswa, memberikan gagasan internalisasi atau pengembangan tata kelola program pada Perguruan Tinggi Penerima dan Pengirim. 

Dari sisi kemahasiswaan, program ini menjadi perbaikan atau penguatan sudut pandang mahasiswa yang menghormati dan merayakan keberagaman masyarakat Indonesia sehingga mahasiswa mampu memperluas atau memperdalam pengetahuan akademiknya dengan mengeksplorasi keberagaman tersebut.

Hadir memberikan sambutan, Wakil Rektor I UNIDA Aal Lukmanul Hakim, S.H., M.H menuturkan bahwasanya program PMM merupakan salah satu program unggulan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

“Kami sangat mendorong rekan-rekan mahasiswa untuk ikut serta dalam setiap program kegiatan MBKM, terlebih program PMM ini. Nantinya mahasiswa akan ditempatkan di luar pulau Jawa, tentu banyak hal yang akan didapatkan selain manfaat akademik. Rekan-rekan mahasiswa akan mendapatkan pemahanam menarik bagaimana proses pembelajaran di perguruan tinggi lain. Silakan ikuti dan matangkan persiapannya,” tutur Aal Lukmanul Hakim, S.H., M.H.

Dalam sesi pemaparan, Dr. La Ode Amril, M.Pd selaku Kepala Biro Dikjar menjelaskan mengenai teknis penyelenggaraan PMM angkatan 3.

“PMM adalah program mobilitas mahasiswa selama satu semester untuk mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi di Indonesia sekaligus memperkuat persatua dalam keberagaman. Mahasiswa yang lulus dalam program ini ialah yang terpilih berdasarkan seleksi nasional,” ujarnya mengawali pemaparan.

Dr. La Ode Amril, M.Pd mengatakan, UNIDA telah mengikuti kegiatan program PMM dari awal angkatan 1 tahun 2021 hingga angkatam 2 pada tahun lalu. Selain itu, UNIDA juga pernah melakukan program pertukaran ke beberapa perguruan tinggi sejak tahun 2014, namun dengan nama program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara (PERMATA).

Lebih jauh Dr. La Ode Amril, M.Pd memaparkan bahwa terdapat 6 elemen utama dalam pelaksanaan program PMM, antara lain Pertukaran mahasiswa dilakukan melalui perpindahan klaster antar pulau. Kedua, pengakuan hasil belajar hingga 20 SKS. Ketiga, memungkinkan pertukaran mahasiswa PTN ke PTS dan sebaliknya. Keempat, diikuti oleh mahasiswa semester 3, 5, dan 7 (saat program berjalan). Kelima, eksplorasi persatuan dalam keragaman melalui modul nusantara. Lalu ke enam, mekanisme pertukaran akademik ke akademik dan vokasi ke vokasi.

Setelah paparan, Kepala Bagian MBKM UNIDA Resty Yektyastuti, M.Pd memandu langsung terkait dengan teknis pendaftaran melalui sistem serta menyampaikan mengenai tips dan trik bagaimana lolos program PMM.

Pada kesempatan yang sama, Widya Selvi Kusuma Ningrum perwakilan alumni program PMM Angkatan 2 mengungkapkan mengenai pengalamannya mengikuti kegiatan PMM tahun lalu yang diterima di Universitas Syiah Kuala Aceh.

“Waktu itu ikut mendaftar pada semester 2 lalu pada semester 3 diterima. Tentunya sangat besar sekali manfaatnya. Selain akademik, kita akan mendapat pengalaman luar biasa. Kita bisa merasakan culutre berbeda, kita bakalan lebih kenal teman dari berbagai wilayah di Indonesia. Juga ada yang menarik dari PMM ini, yaitu adalah modul nusantara. Biasanya kita lakukan di-weekend, mengupas segala materi tentang kebudayaan asal wilayah perguruan tinggi penerima,” ungkap mahasiswi Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru UNIDA tersebut. 

sumber: https://unida.ac.id/artikel/pendaftaran-resmi-dibuka-unida-adakan-sosialisasi-ajak-mahasiswa-ikut-serta-program-pertukaran-mahasiswa-merdeka-angkatan-3