Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Merdeka Belajar Kampus Merdeka
blog-img-10

Program Magang Studi Independen Bersertifikat Batch 4 Tahun 2023 Resmi Dibuka, DIKJAR UNIDA Berikan Sosialisasi

Biro Pendidikan dan Pembelajaran (Dikjar) Universitas Djuanda (UNIDA) selenggarakan Sosialisasi Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB) batch 4 tahun 2023, pada (21/12/2022) melalui ruang pertemuan daring zoom meeting. Sosialisasi ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa dari seluruh Program Studi (Prodi) yang ada di Universitas Djuanda. Magang dan Studi Independen Bersertifikat adalah bagian dari program Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktifitas di luar kelas perkuliahan, namun tetap diakui sebagai bagian dari perkuliahan.

Kegiatan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) MSIB ini disetarakan dengan 20 SKS dinyatakan dalam bentuk kompetensi yang diperoleh oleh mahasiswa selama mengikuti program tersebut, baik kompetensi teknis (hard skills), maupun kompetensi non-teknis (soft skills) sesuai dengan capaian pembelajaran yang ditetapkan.

Hadir membuka acara dan memberikan sambutan Rektor Universtas Djuanda Prof. Dr. Suhaidi, SH., M.H menyatakan pemerintah melalui Kemendikbud telah meluncurkan merdeka belajar dengan 8 program MBKM salah satunya adalah MSIB yang akan dilaksanakan pada tahun 2023, maka saat ini perlu gencar dilaksanakan sosisalisasi kepada mahasiswa.

“MSIB batch 4 ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa melalui akifitasi diluar kelas perkuliahan, kegiatan ini diakui sebagai bentuk perkuliahan serta didampingi mentor-mentor yang membimbing mahasiswa dalam proses MSIB tahun 2023. Maka kepada mahasiswa mohon dimanfaatkan kesempatan ini untuk menambah pengalaman dan usahakan mahasiswa ikut program ini,” tutur Rektor dalam sambutannya.

Pada kesempatan yang sama Wakil Rektor 1 bidang akademik dan kemahasiswaan Aal Lukmanul Hakim, S.H., M.H menjelaskan UNIDA menduduki Peringkat ke- 6 PTS Terbaik Nasional Penerima Program Insentif Pengabdian Masyarakat 2022 Terintegrasi dengan MBKM.

“Tahun ini kluster 1 peringkat 6 nasional untuk PTS, salah satunya keikutsertaan mahasiswa maupun dosen pada program MBKM, bagi institusi tentu ini sangat berdampak. Disamping mahasiswa juga bisa mendapatkan ilmu pengetahuan dan pengalaman diluar kampus. Maka diharapkan rekan mahasiwa mengoptimalkan kesempatan ini. Mumpung ada kesempatan 20 SKS bagi rekan-rekan yang lebih suka berkelana di luar kampus tetapi diakui sebagai konversi penyelesaian masa studi,” Jelasnya.

Narasumber Resty Yektyastuti, M.Pd ada 8 program utama dalam MBKM ini salah satunya Magang dan Studi Independen Bersertifikat atau MSIB yang dirancang untuk memastikan mahasiswa mendapatkan keterampilan dan kompetensi utama, terbaik, dan terkini untuk menghadapi dunia masa depan.

“Sebagaimana hasil evaluasi dari kementerian ternyata ada gap antara dunia industri  dan dunia pendidikan yang sesuai dengan keterampilan yang dibutuhkan pada dunia kerja, maka program MSIB ini hadir,”kata Narasumber sekaligus Kepala Bagian  MBKM Dikjar.

Lebih lanjut narasumber memaparkan durasi maksimal 16 sampai dengan 24 minggu dengan total 900 jam pembelajaran, sehingga dapat dikonversi hingga 20 SKS.

“MSIB ini dihdarapkan menghasilkan tenaga kerja berkualitas, untuk program magang mahasiswa diberikan proyek nyata yang berdampak pada kinerja perusahaan (project based learning) kemudian akan dipandu oleh seorang mentor yang merupaan staff profesional penuh waktu. Program magang pembelajaran terstruktur berbasis proyek dan diakhir program mahasiswa akan mendapatkan sertifikat,” tambahnya.

Adapun Perbedaan antara magang dan studi independen yaitu  untuk magang mahasiswa menjalani profesi di dunia profesional yang berdampak pada perusahaan sedangkan studi independen sasarannya keapada masyarakat luas untuk meningkatkan hardskills/softskills.

Dr. La Ode Amril, M.Pd selaku Kepala Biro Dikjar menambahkan informasi bagi mahasiswa untuk membaca secara jelas kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan.

“Pemilihan perusahaan perlu membaca kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan, nanti akan ada seleksi administrasi kemudian akan ada tes akademik. Maka baiknya memilih bidang yang sama dengan kita, tetapi tidak menutup kemungkinan bidang perusahaan berbeda dengan prodi ilmu kita hanya pastikan kita bisa menyelesaikannya. Mahasiswa boleh memilih beberapa perusahaan hanya jangan sampai tanggal jadwal tesnya bentrok. Selanjutnya untuk perjalanan mahasiswa melakukan perjalanan ke lokasi magang di luar daerah maka biaya akan ditanggung oleh pihak mitra magang,” pungkasnya.

Kegiatan ditutup dengan foto bersama serta  tanya jawab antara mahasiswa dengan narasumber.

Sumber: Humas UNIDA https://unida.ac.id/artikel/program-magang-studi-independen-bersertifikat-batch-4-tahun-2023-resmi-dibuka-dikjar-unida-berikan-sosialisasi