Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Merdeka Belajar Kampus Merdeka
blog-img-10

Rektor UNIDA Lepas Mahasiswa Program MSIB Batch 4 Tahun 2023

Universitas Djuanda (UNIDA) melepas 40 mahasiswa yang terpilih dalam mengikuti Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Batch 4 Tahun 2023. Acara pelepasan mahasiswa ini dipimpin langsung oleh Rektor UNIDA Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D bersama Wakil Rektor I UNIDA, para Dekan Fakultas serta Kepala Biro Pendidikan dan Pembelajaran (Dikjar), pada Selasa (07/03/2023) secara daring melalui platform Zoom Cloud Meeting.

Seperti diketahui, program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) ini adalah salah satu metode pembelajaran, dari delapan metode yang dicanangkan dalam Kebijakan Kampus Merdeka. Kebijakan ini diluncurkan dalam rangka menyiapkan para mahasiswa menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi yang pesat. Kompetensi mahasiswa harus disiapkan untuk lebih baik sesuai dengan kebutuhan zaman.

Kepala Biro Dikjar UNIDA Dr. La Ode Amril, M.Pd dalam laporannya menyampaikan bahwa para mahasiswa akan dilepas secara resmi untuk selanjutnya melaksanakan kegiatan MSIB dengan mitra. Nantinya para mahasiswa yang ikut kegiatan MSIB akan mendapatkan konversi mata kuliah maksimal 20 SKS selama satu semester.

“Pertama adalah terkait dengan peserta, UNIDA meloloskan 40 mahasiswa yang terdiri dari 20 mahasiswa magang dan 20 mahasiswa Studi Independen Bersertifikat dari berbagai fakultas. Para mahasiswa akan belajar secara langung selama 1 semester di perusahaan yang telah bermitra,” ungkapnya.  

Dr. La Ode Amril, M.Pd mengatakan, program MSIB menjadi bagian penting dalam upaya pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU), maka dengan itu UNIDA selalu mendorong para mahasiswa agar mengikuti kegiatan MBKM yang diharapkan dapat bermanfaat secara langsung pada mahasiswa tersebut.

Sementara itu, Rektor UNIDA Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D mengucapkan selamat kepada para mahasiswa yang telah terpilih mengikuti kegiatan MSIB Batch 4 tahun 2023. Ini merupakan hal yang patut diapresiasi, mengingat kepesertaan program MSIB perlu melewati seleksi terlebih dahulu.

“Anda adalah orang terpilh untuk ikut serta menjadi bagian dalam program MSIB tahun ini. Jadikan ini kesempatan, manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Saya mengharapkan akan ada sesuatu yang bisa Anda bawa pulang berupa laporan, kemudian dapat di-elaborate menjadi suatu tulisan karya ilmiah yang bermanfaat,” ujar Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D.

Dalam kesempatan ini Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D juga berpesan kepada para mahasiswa agar dapat menjaga nama baik diri dan institusi. Diharapkan para mahasiswa dapat bersikap professional, serta menjaga kepercayaan yang diberikan oleh mitra.

“Tunjukan bahwa Anda itu memang dari Kampus Bertauhid, jujur dan amanah harus tercermin. Jika diberi kepercayaan, tolong dijaga hal-hal yang demikian. Terakhir, manfaatkanlah program ini untuk men-develope kemampuan diri anda, dengan begitu Anda akan siap terjun di manapun Anda berada dan ditempatkan,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor I UNIDA Aal Lukmanul Hakim, S.H., M.H mengatakan, program MSIB berperan penting dalam menumbuhkan wawasan dan meningkatkan kemampuan mahasiswa, baik secara hardskill maupun softskill.

“Ini penting, karena program MBKM ini secara filosofi bertujuan untuk membangun link and match antara kurikulum di perguruan tinggi dengan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI). Mahasiswa tentu tidak hanya belajar di kampus secara teori saja, tetapi juga bagaimana begitu selesai masa perkuliahan mahasiswa siap terjun menjadi SDM berkualitas,” ujarnya.

Aal Lukmanul Hakim, S.H., M.H menambahkan, MBKM menjadi hak mahasiswa dan kewajiban perguruan tinggi untuk memfasilitasi. Untuk itu, UNIDA selalu mendorong para mahasiswa untuk dapat mengikuti setiap kegiatan MBKM.

“Kita juga selalu tekankan kepada para mahasiswa untuk ikut MBKM. Adapun pencapaian MBKM terakhir kita mencapai status klaster 1 dengan menempati ranking ke-6 nasional untuk kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang terintegrasi dengan program MBKM,” ungkap Aal Lukmanul Hakim, S.H., M.H dalam sambutannya. 
Sumber: https://unida.ac.id/artikel/rektor-unida-lepas-mahasiswa-program-msib-batch-4-tahun-2023